-->

Tutorial Cara Memainkan Game Train Simulator 2009 PC Bagi Pemula

1 comment
Apa itu Train Simulator 2009 ?



                  Train Simulator 2009 merupakan game simulasi 3D mengemudikan sebuah kereta api dalam sebuah rute. Tak hanya mengemudikan kereta saja, di game ini kalian dapat membuat sebuah rute, mengedit sebuah rute, dan membuat/memilih model kereta sesuka hati kalian. Sebenarnya banyak game simulasi kereta yang lain mulai dari OpenBVE, atau Train Sim. Namun Train Simulator buatan N3V Games (dulu Auran) dari Australia ini yang paling banyak peminatnya.  Train Simulator 2009 (disingkat TS09 aja ya biar cepet nulisnya) ini juga yang paling bagus menurut saya dari segi kontrol, tampilan, dan menunya. Di TS09 kalian bisa bebas membuat sebuah rute sesuai keinginan kalian. Sesuai namanya, TS09 dirilisnya pada tahun 2009 dan Developernya selalu merilis series terbarunya tiap tahun dan tentunya semakin bagus tampilannya . Train Simulator 2019 misalnya. Yang grafiknya sangat mirip GTA 5 haha.

                Namun kali ini saya mau membahas dan cara memainkan game Train Simulator 2009, yaa karena saya sekarang memakai TS09. Game ini juga dapat dimainkan di laptop berspesifikasi rendah.
* kenapa ga bahas yang 2019 aja mas ? suka suka penulisnya dong -_-


Bagaimana Cara Memainkannya ?


                 Ok, sebelum mulai memainkannya pastikan kalian sudah membeli/memiliki gamenya (disarankan membeli di steam ya gaes) atau jika kalian sedang bokek bisa mendownloadnya di google.Setelah itu kalian wajib mengisi serial number di opsi Option (kalau ga diisi kalian ga bakal bisa main). Jika sudah terisi serial number sudah ter-isi silahkan pencet Start setelah itu tunggu sampai kalian masuk ke halaman awal game seperti gambar dibawah ini.

Penjelasan :
·      Surveyor   : Opsi untuk mengedit dan membuat sebuah Rute.  Serta       menambahkan atau mengedit  rangkaian kereta pada sebuah Rute.
·     Railyard   : Opsi untuk menampilkan koleksi model kereta, mulai dari Lokomotif  serta gerbong
·     Driver      : Opsi untuk memainkan/mengemudikan sebuah kereta api
·     Quit          : Ya yang ini sudah tau semua pasti

    Nah untuk langsung memainkannya kalian tinggal klik bagian Driver dan kalian akan masuk ke bagian halaman Driver seperti gambar dibawah. Silahkan pilih Rute mana yang akan kalian pakai dan di sesi mana, bebass.  Disini saya akan mengemudikan kereta di Rute Iberia Interior 4 pada sesi Command Post. Setelah itu kalian klik Load dan tunggu proses loading...


Bila kalian sudah masuk ke gameplay, kalian akan menemukan menu seperti gambar dibawah. Menu ini berisi opsi untuk memilih kontrol kemudi kereta. Disini terdapat dua cara mengontrol kereta yaitu, CAB Mode dan DCC Mode. Sesuai deskripsi pada opsi tersebut, pada CAB Mode terdapat fitur untuk mengontrol Lokomotif/Kereta dari dalam kabin yang membuat lebih realistis (berasa kayak masinis beneran). Namun Kontrol CAB Mode ini tidak cocok bagi pemula karena cukup rumit dan susah. Yang kedua yaitu, DCC Mode. Opsi kontrol yang kedua inilah yang paling gampang bagi pemula dan lebih simpel karena hanya menggunakan kontrol keyboard saja. 


Kontrol Keyboard :
·         W              : Menambah Throttle (menambah laju kecepatan kereta)
·         X                :  Mengurangi Throttle (mengurangi kecepatan)
·         S                : Mengembalikan Throttle ke 0 langsung
·         Q, A , Z    : Ntahlah saya masih kurang paham, intinya buat ngerem kereta wkwkwk
·         L                 : Menghidupan lampu utama Lokomotif
·         H               : Membunyikan klakson Lokomotif
·         F                : Forward Reverse (maksudnya untuk membuat kereta berjalan maju)
·         R                : Kebalikan dari Forward Reverse
·         Shift + L : Menghidupkan Lampu Dimmer pada Lokomotif
·         B                : Mengaktifkan bunyi pada lokomotif (yang suaranya mirip tiang dipukul itu lhoo)
·         1                : View Kabin Lokomotif
·         2                : View Mengikuti Kereta
·         3                : View menggunakan Kamera diluar Kereta
·         4                : View diluar Kereta atau View bebas.

       Nah diatas secuil info kontrol kereta melalui keyboard. Di DCC Mode , kalian hanya perlu tombol W,X,S saja untuk mengemudikan sebuah kereta. Sangat simpel bukan ?. 
 Setelah paham dengan kontrol kereta diatas kalian bisa langsung mengemudikan kereta sesuka hati kalian, mau ngebut kek mau nabrak kereta lain kek terserah J  . Di game ini juga terdapat session misi lho, misalnya misi mengantar surat, penumpang atau barang. Tentunya kalian harus mematuhi aturan-aturan dalam mengemudikan kereta agar misi berhasil



Jika ada pertanyaan :
·           Mas cara belok  ke rel lain gimana ?  Gampang sekali zeyeng, pada persimpangan rel akan terdapat tanda panah yang mengarah ke kiri dan ke kanan. Misalnya kalian mau belok ke rel kanan, klik tanda panah yang mengarah ke kanan sampai warna hijaunya mengarah kekanan.
·           Cara melepas sambungan antar gerbong gimana ? Klik Toggle Decouple Mode (berada di pojok kanan bawah, ikon coupler) lalu klik pada coupler/sambungan gerbong agar terputus.
·           Mas, Apakah bisa membuat keretanya jalan sendiri otomatis ? Bisa, tekan CTRL+Klik kanan mouse secara bersamaan di Lokomotif (klik secara bersamaan dan tempatkan di lokomotif) Nanti muncul beberapa opsi, silahkan klik Drive maka keretanya akan berjalan sendiri secara otomatis.

Dari sini sudah saya jelaskan cara memainkan/mengemudikan kereta langsung di game Train Simulator 2009. Untuk bagian di Surveyor, Mengedit Rute, Membuat Rute, Mengubah/Menambah Rangkaian Kereta dan lainn lainn  akan saya jelaskan di postingan selanjutnya. Jadi tunggu dan pantengin terus ini blog kalau perlu wkwkwk

               Bagi yang belum paham penjelasan saya diatas silahkan bertanya melalui komentar, InsyaaAllah saya akan membalas sebisanya J . Bila ada kesalahan di tulisan saya diatas mohon diingatkan agar saya bisa merubah secepatnya (jangan dibully -_-). Dan mohon dimaklumi kalau bahasanya agak belepotan, yaa soalnya saya bukan wartawan.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter